Web Analytics
MyBoost | Virus Toxic Boss yang Bikin SDM Kabur
Boost Indonesia
Tentang Kami
Persona Anda
Blog
Boost Logo
Virus Toxic Boss yang Bikin SDM Kabur

Back

Share

Copy Link

Territory Partner

Virus Toxic Boss yang Bikin SDM Kabur

Meskipun Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia bisa dikatakan melimpah, namun rasanya hampir semua perusahaan setuju bahwa semakin hari semakin sulit mencari SDM.

Banyak SDM yang bersemangat kerja namun tidak memunyai kapabilitas yang mumpuni. Sedangkan SDM yang mumpuni tidak pernah bertahan lama di perusahaan Anda.

Apa yang salah?

Banyak perusahaan yang tidak menyadari bahwa para SDM terbaik kabur karena virus Toxic Boss yang dimiliki oleh atasan di sebuah perusahaan. Meskipun ini bukan 'virus' medis yang sebenarnya, namun virus yang ini terbukti dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental para pekerja.

Sebenarnya apa sih Toxic Boss itu? Berikut tanda-tanda seorang Toxic Boss:
-Tidak profesional
Sang Toxic Boss sering bersikap tidak profesional tanpa ada usaha untuk menutupinya. Ia bahkan merasa sikap tidak profesionalnya itu adalah keistimewaannya sebagai atasan

-Tidak mendengarkan
Toxic Boss tidak mau mendengarkan kesulitan masukan dan kesulitan bawahan. Ia tidak memedulikan proses dan hanya memedulikan hasil. Kalimat favoritnya adalah "Pokoknya saya tidak mau tahu bagaimana caranya. Yang saya mau pekerjaan ini harus selesai."

-Tidak pernah salah
Atasan yang toxic tentu saja tidak mau disalahkan. Jika sebuah kesalahan telah terjadi, ia akan cuci tangan dan menyalahkan anak buahnya.

-Memborong pujian
Jika sebuah proyek telah terselesaikan secara sukses, sang Toxic Boss tanpa ragu akan memborong pujian untuk dirinya sendiri. Ia tidak akan membawa-bawa nama anggota tim yang ikut lelah berkontribusi untuk proyek tersebut.

Sifat-sifat yang menyebalkan, ya? Sayangnya para Toxic Boss jarang menyadari betapa menyebalkan dirinya. Sehingga ketika para SDM terbaik meninggalkan perusahaan ia hanya bisa berkeluh kesah tentang loyalitas tanpa menyadari sikapnya sendiri.

Media Sosial
Facebook
Whatsapp
Instagram

©2020 myboost.id